Saturday, May 3, 2008

arti dan makna sebuah lukisan


betapa sebuah lukisan dapat dimaknai sebagai multi interpretasi selaras dengan apa yang disuguhkan secara visual di dalam sebuah lukisan, lukisan pun dapat menjadi meta makna dan diartikan macam-macam oleh para penikmatnya. Tentu hal ini sesuai pula dengan tingkat pengetahuan seseorang di dalam dunia seni rupa khususnya seni lukis.

Betapa sebuah lukisan bisa menjadi sangat mahal harganya dan menjadi buruan berabagai kolektor dari berbagai penjuru dunia, dijaga 24 jam oleh polisi dan militer (contohnya lukisan monalisa karya leonardo da vinci) bahkan ditempatkan pada suatu ruangan yang menggunakan kaca anti peluru dan kita tak boleh mengambil fotonya , atau bahkan bisa menjadi murah sekali seraya hanya menjadi barang pemberian gratis setelah pelukisnya susah payah mengerjakannya secara jungkir balik, semuanya adalah SAH SAJA !

Namun pencapaian seni yang sesungguhnya adalah KEMANUSIAAN, dengan alasan kemanusiaan pula akhirnya Eminx lebih memilih melukis ketimbang komputer sebagai pekerjaan utamanya. Seorang kurator asal Surabaya Agus Koechinx mengatakan melukis menggunakan kuas langsung adalah lebih manusiawi ketimbang menggunakan mouse dan keyboard.

Lukisan terbaru yang dibuat Eminx pada akhir April 2008 ini merupakan lukisan yang sedianya dikirimkan pada Mondecor Painting Festival di Jogja . Tema yang diambil adalah freedom. Kebebasan dimaksud Eminx memvisualkannya dalam dua tehnik yang berbeda yaitu flat dalam figure dan bertekstur dalam pencapain dimensi dan artistiknya.

diberi judul 2 (dua) fokus sebagai makna yang ditawarkan ke arah mana orang memandang yang sesungguhnya, pilihan adalah kebebasan terpulang pada audiense.
berukuran 120 x 100 cm
cat minyak di atas kavas
2008

No comments: